belajar bahasa inggris tanpa gramar cepat dan mudah secara mandiri

Minggu, 16 Juni 2013

Computer

Computer adalah seperangkat peralatan elektronik yang digunakan untuk mengolah data yang di dalam pengolahan datanya mempunyai kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi, juga mempunyai kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, serta mampu menyimpan dan melaksanakan serangkaian instruksi yang diberikan sehingga memungkinkan komputer bekerja secara otomatis.

Keterangan: Yang digaris bawahi termasuk ciri khas utama komputer.

Istilah-Istilah yang Berkaitan Dengan Instruksi:
  1. Program adalah sekumpulan instruksi komputer yang disusun dengan menggunakan bahasa pemograman komputer yang ditujukan untuk melakukan proses pengolahan data tertentu atau aplikasi tertentu.
  2. Programmer adalah orang yang bertanggung jawab dalam penyusunan instruksi-instruksi komputer.
  3. Programming adalah kegiatan penyusunan program atau instruksi-instruksi komputer.
  4. Programming Language adalah bahasa yang digunakan di dalam menyusun instruksi komputer yang dalam penyusunannya mempunyai aturan atau kaidah dan standar yang diberlakukan. Programming Language ini dapat dipandang sebagai media komunikasi antara manusia dengan komputer. Contoh: Pascal, Basic, Fortran, Cobol, C, PHP, Java.

 

Klasifikasi Komputer


1. Berdasarkan Jenis Data yang Diolah:
  • Digital Computer adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif. Komputer jenis ini banyak digunakan untuk keperluan bisnis dan administrasi.
  • Analog Computer adalah mengolah data kualitatif. Komputer jenis ini banyak digunakan di Lab-Lab dan juga sering digunakan untuk mengatur kerja mesin-mesin pabrik.
  • Hybrid Computer adalah komputer yang inputnya data kuantitatif yang outputnya data kualitatif atau sebaliknya. Komputer ini biasa digunakan pada industri.
2. Berdasarkan Tujuan Penggunaannya:
  • General Purpose Computer adalah komputer yang dapat digunakan untuk segala macam aplikasi, sering disebut sebagai komputer serbaguna.
  • Special Purpose Computer adalah komputer yang dirancang secara khusus hanya untuk aplikasi tertentu.
3. Berdasarkan Kemampuannya:
  • Large Scale Computer (Contoh: Main Frame atau Super Komputer)
  • Medium Scale Computer (Contoh: Mini Komputer)
  • Small Scale Computer (Contoh: Personal Computer/PC)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar