belajar bahasa inggris tanpa gramar cepat dan mudah secara mandiri

Sabtu, 15 Juni 2013

Sistem Pengolah Data

Data adalah fakta atau sebagian dari fakta yang mengandung arti, dilakukan yang biasanya dihubungkan dengan angka-angka, huruf-huruf, gambar-gambar yang menunjukan suatu ide, konsep, bahkan kejadian.

Informasi adalah suatu bentuk akhir dari data yang sudah terolah.
Dari sisi perlakuan kalau kita mendapatkan data maka langkah berikutnya adalah mengolah data tersebut, sedangkan data dan informasi juga mempunyai pengertian yang relatif terhadap kepentingan seseorang. Seseorang dapat mengatakan sesuatu itu data, akan tetapi itu informasi bagi sebagian orang bahkan hanya fakta saja bagi sebagian lainnya.

Pengolahan Data adalah segala macam kegiatan yang dilakukan terhadap data untuk menjadikan data tersebut ke dalam suatu bentuk yang lebih berguna sesuai yang di inginkan.

Sistem Pengolah Data adalah suatu sistem yang terbentuk dari unsur-unsur seperti data, peralatan, manusia, prosedur, dan unsur-unsur terkait lainnya, terutama financial. Dimana unsur-unsur tersebut saling tergantung satu sama lain di dalam rangka mencapai tujuan sistem, yaitu menyediakan informasi yang tepat guna dan tepat waktu bagi manajemen.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Manajemen?
Fungsi dasar manajemen yaitu melakukan planning, controlling, dll. Untuk melakukan itu semua dibutuhkan data dan informasi. Maka tidak heran kesalahan atau kekurangan data atau informasi akan berpengaruh terhadap suatu manajemen. Jika pengolahan data dari perusahaan itu baik, maka pengaruh terhadap manajemen pasti baik, begitu pula sebaliknya.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Biaya Operasional Perusahaan?
Dalam menyelenggarakan sistem pengolahan data pasti selalu membutuhkan biaya atau uang, maka bagaimana perusahaan bisa menekan biaya operasional IT tanpa mengurangi kualitas outputnya.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Pelanggan?
Dalam manajemen modern, pelanggan termasuk aset, maka harus tetap terpelihara, perusahaan harus selalu mengedepankan Customer

Jenis-Jenis Pengolahan Data:

  1. Recording adalah kegiatan pencatatan data.
  2. Classifyied adalah kegiatan pemberian identifikasi terhadap suatu data atau sekelompok data.  Contoh: Pemberian nomor kendaraan bermotor.
  3. Sorting adalah kegiatan penyusunan, pengaturan, atau pengurutan data sedemikian rupa sehingga sesuai dengan yang diinginkan dan untuk mempermudah proses pengolahan data lebih lanjut.
  4. Calculated adalah kegiatan perhitungan.
  5. Summaryzing adalah kegiatan penyusunan laporan untuk manajemen.
  6. Storing adalah kegiatan penyimpanan data atau informasi yang dilakukan dengan teknik tertentu agar data atau informasi yang disimpan mudah untuk didapatkan kembali apabila dibutuhkan.
  7. Retrieving adalah kegiatan untuk mengambil atau mendapatkan kembali data atau informasi yang telah disimpan sebelumnya.
  8. Duplicating adalah kegiatan penggandaan data atau informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  9. Communicating adalah kegiatan komunikasi data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar